Sunday, June 19, 2016

#NewMyBlueBird: Pesan Taksi Lebih Gampang!

"My Blue Bird,
agar perjalananmu makin aman dan nyaman!"


Dengan semakin berkembangnya era globalisasi dan teknologi, semakin banyak perkembangan yang dilakukan untuk memudahkan kegiatan manusia hanya melalui genggaman tangan. Saat ini, smartphone sudah tidak hanya digunakan sebagai sarana komunikasi untuk telepon, sms, ataupun sosial media. Namun, dengan smartphone kita bisa memesan makanan, grocery-shopping, online shopping, bahkan untuk memesan sarana transportasi! Setiap hari kita tidak bisa lepas dengan yang namanya transportasi, entah untuk pergi ke kantor, sekolah, dan tempat-tempat lain. Transportasi umum kini menjadi salah satu pilihan yang mulai dilirik dan digemari masyarakat Indonesia. Alasannya bermacam-macam, ada yang memilih transportasi umum dengan alasan untuk mengurangi kemacetan, harga yang terjangkau, hingga kenyamanan di transportasi umum.

Semakin populernya transportasi di tengah masyarakat Indonesia, perusahaan-perusahaan transportasi semakin gencar melakukan upgrading untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam bertransportasi. Salah satunya adalah Blue Bird Group yang melakukan inovasi dengan meluncurkan sebuah aplikasi pemesanan taksi yang dinamakan My Blue Bird. Armada taksi biru ini terkenal dengan pelayanan yang berkualitas tinggi dalam melakukan mobilitas dari satu tempat ke tempat yang lain. Untuk menjaga kepercayaan pelanggan, Blue Bird selalu mengupgrade pelayanan-pelayanannya untuk meningkatkan kenyamanan dan memanjakan pelanggan. Selama saya menjadi pelanggan Blue Bird, saya belum pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakkan, justru saya sangat puas dengan pelayanan yang diberikan. Bahkan beberapa kali naik taksi Blue Bird saya belajar banyak dari percakapan dengan driver.

Blue Bird merilis aplikasi berbasi Taxi Mobile Reservation pada  tahun 2011, kemudian Blue Bird mulai mengembangkan aplikasi My Blue Bird pada bulan Desember 2015. Aplikasi Blue Bird ini sudah dirilis dan saat ini dapat diakses di 6 kota besar di Indonesia, yaitu: Jakarta, Semarang, Medan, Bali, Surabaya, dan Bandung. Dulu, kalau mau pesan taksi harus menelepon customer service Blue Bird ke (0274) 641 1234. Nah, kalau sekarang pemesanan taksi jadi lebih mudah karena adanya aplikasi My Blue Bird! Karena integritasnya yang tinggi, baru-baru ini Blue Bird menambahkan 6 Fitur Baru lho, tentunya agar perjalananmu makin nyaman dan aman!
Apa saja fiturnya? Mari kita simak!




1) ADVANCE & MULTIPLE BOOKING
Pernah nggak sih kamu lagi di hari-hari sibuk dan nggak ada kendaraan sehingga terpaksa harus naik transportasi umum? Mau naik bis, takut terlambat. Mau naik ojek, eh hujan. Naik taksi...suka penuh. Nah, dengan fitur baru My Blue Bird sekarang kamu bisa pesan lebih dari 1 taksi atau pesan untuk esok hari! Dengan advance booking kamu bisa pesan taksi di waktu yang kamu inginkan. Jadi, misalnya kamu punya janji waktu beberapa hari lagi di tanggal tertentu, kamu bisa langsung booking taksi kamu hari itu juga. Nggak perlu lagi deh takut terlambat atau nggak kebagian taksi. Selain itu, kamu bisa memesan lebih dari 1 taksi secara bersamaan,  keren nggak tuh?

2) SEE NEARBY TAXI
Kadang kita keburu-buru banget nih ada urusan mendadak, di fitur ini kamu bisa lihat langsung berapa banyak taksi yang tersedia di titik penjemputan. Semakin banyak titik, maka semakin banyak taksi yang berada di wilayah jangkauan kamu. Dengan begitu waktu penjemputan tidak akan memakan waktu yang lama dan bisa menghemat waktu lebih banyak!

3) DRIVER RATING
Di Blue Bird, kualitas pelayanan yang baik selalu menjadi perhatian utama. Selain kenyamanan di dalam kendaraan, yang saya pertimbangkan dalam memilih armada taksi adalah keramahan drivernya. Saya suka sekali kalau mendengar cerita-cerita drivernya entah tentang topik-topik baru ataupun pengalamannya selama bekerja. Selama menaiki Blue Bird, banyak pengalaman berharga yang saya dapat. Dengan fitur ini kita bisa memberikan rating kepada pengemudi agar menjadi masukan yang sangat berarti. Tentunya hal ini dilakukan untuk memastikan perjalanan kamu selanjutnya dengan Blue Bird akan selalu nyaman dan menyenangkan. Tunjukan apresiasimu pada driver dengan memberi rating!


4) SHARE MY JOURNEY
Tempat nongkrong makin menjamur di kota-kota besar, namun terkadang lokasinya tidak berada di tengah kota. Dengan fitur Share My Journey di #MyBlueBird kamu bisa share lokasimu ke orang-orang terdekat. Mudah dan praktis. Cocok banget buat kamu yang hobi recommend tempat-tempat asik buat nongkrong. Yuk, share lokasimu ke orang-orang terdekat!

5) TRACKING SYSTEM & CALL DRIVER
Pengemudi masih belum tiba di tempat penjemputan? Lokasi kamu sulit dijangkau? Khawatir pengemudinya nyasar? Dengan fitur “Tracking System & Call Driver”, kini kamu bisa monitor keberadaan pengemudi atau meneleponnya langsung untuk memastikan. Nggak perlu lagi khawatir kehilangan kontak sama drivernya! #ehsalah

6) FARE ESTIMATION & E-RECEIPT
Nah ini nih, kalau naik taksi suka khawatir argonya melambung tinggi padahal dompet lagi tipis. Terlebih, taksi terkenal sebagai transportasi umum yang tidak semurah bis ataupun ojek. Sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi karena sudah ada fitur Fare Estimation dimana kamu bisa cari tahu perkiraan tarif yang akan kamu bayarkan sebelum berangkat. Selain itu, kamu bakal dapet struknya langsung di email-mu. Semua makin mudah dan praktis dengan #NewMyBlueBird app! Udah tau kan 6 fitur baru dari My Blue Bird, nggak tertarik??

CARA PENGGUNAAN APLIKASI MY BLUE BIRD:


Aplikasi ini memiliki interface yang ringan dan mudah dipahami dengan tampilan warna biru khas Blue Bird. Tunggu apalagi? Sekarang rasakan kemudahan memesan taksi dalam genggaman dengan #NewMyBlueBird app. Unduh sekarang di smartphone kamu di Google Play, App Store, atau BB World! Atau, kunjungi websitenya di www.bluebirdgroup.com



Sebelum masuk ke menu utama, tentunya kamu harus registrasi dulu. Setelah memasukkan nomor telepon, selanjutnya kamu cukup mengisikan data pribadi kamu berupa nama, nomor telepon, email, dan password. Pastikan nomor telepon dan alat email yang kamu cantum masih aktif ya!


Selamat! 
Sekarang kamu bisa pesan taksi dengan mudah, aman, dan praktis dengan aplikasi My Blue Bird !!


Inilah tampilan menu utama aplikasi My Blue Bird! Dengan fitur Add location kamu bisa menambahkan lokasi favorit kamu sebagai shortcut agar lebih praktis dan cepat. Kamu tinggal pilih destinasi/tujuan kamu dengan menuliskan lokasi di kolom Choose Destination. Untuk memudahkan driver, kamu bisa menambahkan catatan di kolom "add pickup instruction for..." . Kamu bisa menentukan waktu penjemputan sesuai yang kamu mau di fitur Pickup Time. Dengan My Blue Bird, kamu bisa memilih cara pembayaran menggunakan tunai dan elektronik. Kalau kota kamu belum bisa menggunakan aplikasi ini maka akan tercantum "No Service Available". 
Jadi, pastikan kota kamu termasuk 6 kota besar yang bisa mengakses ya! 


Di dalam fitur Pickup Time akan muncul window baru dimana kamu bisa memilih Pickup Now (jemput sekarang) atau Advanced Booking. Advance & Multiple Booking yang memudahkan kamu untuk pesan taksi lebih dari 1 dalam waktu yang bersamaan dan di waktu yang kamu inginkan. Tidak hanya itu lho, kamu juga bisa pilih jenis armada yang jemput kamu mulai dari regular taxi, lifecare taxi, executive taxi, sampai limousine & car rental! Ada juga track record jasa di fitur History, dan masih banyak lagi! Penasaran? Buruan download aplikasi My Blue Bird!

Blue Bird Group Holding

KELEMAHAN APLIKASI BLUE BIRD:
Fitur-fitur baru sudah, review aplikasi sudah. Nah sekarang, kekurangan dari aplikasi Blue Bird apa aja nih?

Keterbatasan Lokasi
Seperti yang sudah diulas tadi, aplikasi ini baru bisa digunakan di 6 kota di Indonesia (Jakarta, Semarang, Medan, Bali, Surabaya, dan Bandung.). Untuk pelanggan Blue Bird seperti saya yang berada di Yogyakarta belum bisa merasakan manfaat dari penggunaan aplikasi Blue Bird. Mungkin akan lebih baik apabila ada pengembangan untuk perluasan wilayah jangkauan aplikasi My Blue Bird, sehingga bisa dinikmati pelanggan setia Blue Bird di seluruh Indonesia.

Kendala Bahasa
Aplikasi ini baru menyediakan layanan dengan Bahasa Inggris, padahal tidak semua masyarakat Indonesia fasih menggunakan Bahasa Inggris. Sarannya, mungkin bisa disediakan pilihan bahasa lain khususnya Bahasa Indonesia. Selain itu, banyak turis dari bandara yang akan traveling di Indonesia naik taksi. Mengingat pelanggan taksi Blue Bird tidak hanya masyarakat Indonesia, bisa ditambah bahasa-bahasa asing lain untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Hmmm, atau mungkin kedepannya bahasa daerah untuk meningkatkan keunikan tersendiri, siapa tahu? Hahahaa.

Loyal Customer
Sebagai armada taksi yang sangat terkenal dan memiliki berjuta-juta pelanggan setia. Alangkah baiknya apabila Blue Bird mengapresiasi pelanggan setianya dengan memberikan voucher yang bisa di redeem untuk customer yang sering menggunakan taksi Blue Bird. Entah berdasarkan kilometer atau kalkulasi tarif yang dicapai. Tentunya hal ini akan semakin menambah kepercayaan dan kenyamanan pelanggan setia Blue Bird. 



Dengan adanya aplikasi My Blue Bird, pesan taksi jadi lebih mudah, bukan?
My Blue Bird, agar perjalananmu makin aman dan nyaman!


Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Bercerita #NewMyBluebBird

50 comments:

  1. Hehe... Perkembangan teknologi udah nggak bisa di bendung lagi, kalau mau bersaing ya harus mengikuti Perkembangan zaman, ane acungin jempol dah buat aplikasi my blue bird hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bener kak! klo ngga gini, bisa kalah di zaman yg serba modern dan teknologi ini.
      btw terimakasih sudah berkunjung^^

      Delete
  2. Canggih amat zaman sekarang ya, ada aplikasi ginian..
    Maklum saya masih termasuk kaum analog sih..

    By the way, kamu pinter amat bahasa inggrisnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makin banyak aplikasi-aplikasi penunjang ngga cuma transportasi. sayangnya di kota saya belum bisa pake my blue bird:( tidak ada yang salah menjadi kaum analog pun, saya juga masih begitu wkwk.
      hehe, terimakasih! masih belajar... ^^

      Delete
  3. Saya suka saya suka dengan aplikasi ini, akhirnya sopir taksi blue bird gak perlu demo lagi :D

    yang baru saya ngeh, bisa pesen taksi buat besok besok ?
    Waw keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, sama-sama untuk buat "dua-dua"nya hehehe. yang namanya bisnis emang banyak pro kontranya, klo buat pelanggan sih yang penting pelayanan aja ^^ iya bener mba, saya juga baru tau baru2 ini. Makasih komen-nya!!

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Horeeeee, ini aku ngerti bahasanya :D

    tapi aku nggak pernah pake bluebird, brati kurang ngerti juga :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat ya mas yang ini ngga ada tepung kanjinya :" wkwkwk
      saya juga blm bisa pake blue bird krn di Jogja belum ada servicenya :( huhu

      Delete
  6. Keren reviewnya! sukses

    ReplyDelete
  7. aku sudah pakai aplikasinya, responnya cepat dan banyak fitur yang oke

    ReplyDelete
  8. Hari gini segala sesuatu bisa dilakukan hanya dengan jentik-jentik jari doang kan ya Feb. Seperti usap-usap lampu aladin aja, sekali usap apa yg kita ingin udah nongol, tinggal siapin duit hehe

    Sukses ya lombanya *ini lomba kan ya? Ulasannya komplit tanpa ada pertanyaan :)
    Tapi saya belum pakai aplikasinya karena jarang naik taksi hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener kak, bisa dibilang gitu juga :D ...btw, jentik bukannya ...nyamuk ya? ^^;;

      hehe iya mba! makasiiih...^^ boleh dicoba lho mba sekali2 :D

      Delete
  9. Halo mbak Febby .. salam kenal. Sukses dengan lombanya ya! Blue bird emang juara deh yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak riri, reviewnya kk juga keren bgt! salam kenal, sukses jugaa^^

      Delete
  10. Betul banget, dengan kekurangannya ya... Belum ada di semua kota di Indonesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak nurul...masalah utama yg harus segera dibenahi biar semua masy. indonesia bisa pake appnya^^

      Delete
  11. aplikasi my blue bird memang praktis yah, selain itu aku selalu dpt driver yang membuat nyaman karena enak di ajak ngobrol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak kalo drivernya asik diajak ngobrol.. :D

      Delete
    2. nah dari itu mbak menurut saya driver rating bagus buat apresiasi ke drivernya juga hehe

      Delete
  12. Wow! I don't know what is this but it sounds cool.

    ReplyDelete
    Replies
    1. It's an app for taxi mobile reservation. Anyway, thank you!

      Delete
  13. Baru tau ada aplikasi untuk taksi blue bird. Sukses ya mba:)

    ReplyDelete
  14. Aplikasi My Blue Bird emang keren, peseb taksi jadi gampang, aku sudah coba kemaren di Semarang

    ReplyDelete
  15. hehehe keren infografisnya imut2..hahaha :D
    semoga menang nih.. :D

    ReplyDelete
  16. Keren ya aplikasinya. Sayang saya belum pernah nyoba.
    Btw review-nya juga keren, infografisnya imuttt :)))
    Sukses yaaa :)

    ReplyDelete
  17. Kamu juga cantik, Dik. Salam buat pacarnya :))

    ReplyDelete
  18. Kamu juga cantik, Dik. Salam buat pacarnya :))

    ReplyDelete
  19. FYI, blue bird sudah berulang kali melakukan ekspansi ke kota Yogyakarta tapi pihak pemda dan adat disana banyak yang menolak demi menjaga lingkungan disana alias kalo banyak taksi disana bisa makin macet dan polusi. Salut deh sama pemerintah disana terutama untuk keratonnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah gtu ternyata.. makasih infonya!! jogja memang istimewa :D hehhehe

      Delete
  20. belum donlot ini, tapi keren juga yak...
    apa-apa sekarang serba onlen.
    Eh ini ada aplikasi beginian apa gara-gara waktu itu sempet slek sama abang-abang gojek?
    ahahahkkk.... jadi ikutan bikin aplikasi juga.. :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk iya kak, sekarang apa-apa udah serba digital.
      hmm... mungkin? :D

      Delete
  21. Kalau pacar onlen gimana mbak?

    ReplyDelete

Hi, thanks for visiting! ~^^
I read every comment and I do blog walking too.
Please use good words, I really appreciate!

Regards,
Febby